Mengapa Harus SEO ?

Sudah bukan rahasia lagi jika SEO saat ini menjadi sebuah fenomena baru bagi blogger Indonesia, baik untuk pemula maupun bagi para senior atau master blogger. SEO semakin dikenal dan dicintai karena banyaknya kontes SEO dengan segudang hadiah yang sangat menarik. Banyak blogger pemula yang harus mengangguk-anggukan kepala melihat fenomena SEO yang membuat kita ingin terlibat juga untuk belajar SEO. Karena itu istilah Anchor text, link, Dummy blog, Dofollow, meta tag dll saat ini sudah semakin populer bagi kita semua seiring kepopuleran SEO itu sendiri. Banyak blogger mencoba menerapkan teknik SEO yang dipelajarinya dengan cara mulai masuk pada persaingan kata kunci yang mereka sukai dan berebut posisi dengan blogger yang lain dihalaman depan hasil pencarian. Namun apa itu SEO dan mengapa harus SEO ?

Menurut beberapa definisi, SEO adalah sebuah optimasi kata kunci pada search engine untuk mendatangkan visitor blog dari search engine itu sendiri. Namun tujuan dari SEO itu sendiri tidak lain adalah sebuah sistem marketing yang paling murah dan paling cepat jika dibandingkan dengan sistem marketing konvensional yang sudah kita kenal sebelumnya. Dengan SEO, marketing kita akan mempunyai jangakuan wilayah yang lebih luas dengan biaya yang sangat minim. Kita tidak perlu lagi membuat banner dijalan-jalan yang justru mengganggu pemandangan kota. Dengan SEO, kita tidak perlu lagi membuat selebaran yang kita cetak untuk kita bagikan kerumah-rumah. Dengan SEO, kita tidak perlu lagi memakai jasa SPG untuk berdiri dengan pakaian seksi untuk mempromosikan barang dagangan kita. DEngan SEO, kita hanya perlu duduk didepan koneksi internet kita dan memasarkan produk kita maupun produk orang lain kepada semua pengguna internet yang semakin hari semakin bertambah jumlahnya. Inilah yang kemudian kita kenal sebagai Internet Marketing.

Para pelaku SEO sangat mengerti betul bahwa kemampuan yang ia punyai sangatlah berguna bagi dirinya sendiri maupun bagi produk yang ia miliki. Para pelaku SEO juga sangat mengerti prinsip ekonomi yang berbunyi "Dengan pengeluaran yang sekecil-kecilnya untuk mendapatkan penghasilan yang sebesar-besarnya." Ada banyak hal yang bisa kita dapat dari kemampuan SEO kita. Seorang webmaster bisa membangun sebuah kerajaan bisnis internet hanya dengan aktivitasnya didepan komputer. Webdesign juga mulai tertarik untuk mempelajari SEO agar website yang ia buat lebih mempunyai nilai jual dimata klien yang memesannya. Seorang marketing offline juga mulai melirik SEO agar barang dagangannya lebih dikenal masyarakat yang lebih luas lagi. Namun pertanyaan yang berkembang kembali adalah sudah siapkah masyarakat Indonesia dengan marketing ala SEO ditahun ini ?

Seperti yang kita tahu bahwa cara marketing konvensioanal masih mendominasi cara pemasaran di Indonesia. Internet masih belum menjadi sebuah prioritas utama dalam memasarkan sebuah produk. Advertiser Indonesia masih belum percaya sepenuhnya dengan publisher tanah air. Hal ini sangat terlihat berbeda dengan publisher luar negeri yang sudah banyak mempercayakan produknya untuk dikembangkan melalui kemampuan SEO publisher. Hanya untuk sebuah postingan review, mereka bahkan berani membayar dengan harga yang mahal. Mereka sangat mengerti arti sebuah SEO di dunia marketing. Inilah salah satu jawaban mengapa produk luar negeri lebih cepat populer dengan pesat dibanding dengan produk dari Indonesia. Tempat wisata luar negeri juga lebih mempunyai nilai jual dimata wisatawan padahal Indonesia tidak kalah hebat dalam hal kekayaan alam.

Entah sampai kapankah negara kita siap dengan cara pemasaran termurah dan tercepat ini ? Entah sampai kapan ada publisher lokal yang mulai melirik para master SEO Indonesia yang kemampuannya tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Namun ironisnya justru publisher luar negerilah yang saat ini menikmati hasil dari kemampuan SEO para blogger senior tanah air dalam hal memasarkan sebuah produk. Mungkin Pesta Blogger 2009 bisa memasukkan tema SEO dan permasalahannya dalam sebuah pembahasan khusus nantinya.


Category Article

4 Responses to “ACHILLES-Blog”