Who Is Achilles ?

Who is Achiles dan kenapa saya menjadikan tokoh ini sebagai icon dalam FaceBook, Friendster dan Blog ? Ketertarikan saya dengan Tokoh ini bermula saat menonton Film Troy yang dibintangi oleh Brad Pitt dan orlando Bloom ( 2004 ). Dari Film itulah kemudian setiap membuat sebuah akun pasti saya menggunakan Achilles sebagai icon atau foto dalam media yang saya miliki. Achilles adalah tokoh besar ( Great Warrior ) yang pernah lahir didunia ini yang memiliki kecakapan dan keberanian perang yang luar biasa. Lahir dari orang tua yang bernama peleus, Achilles kemudian mendediakasikan dirinya hanya untuk perang dan perang. Keistimewaan dari tokoh ini adalah ia tidak pernah tunduk pada aturan Raja yang bertentangan dengan prinsip pribadinya. Achilles adalah seorang petarung sejati. Karena itu, jika ia memutuskan untuk ikut perang, Achiles berperang untuk dirinya sendiri dan kehormatan, bukan untuk kepatuhan pada Raja.

Troy adalah sebuah peristiwa besar yang kemudian mengilhami pemakaian nama Virus Trojan yang saat ini menjadi salah satu virus yang paling ditakuti di dunia maya. Perang Troy dan Sparta adalah salah satu perang terbesar yang akan dikenang sepanjang masa karena dalam perang tersebut melibatkan tokoh-tokoh yang paling berpengaruh pada jaman itu, termasuk Achiles. Bermula dari skandal cinta pangeran Paris dengan Ratu Helen pada saat mengunjungi Sparta, yang kemudian menimbulkan amarah besar karena Helen lari dari Sparta menuju Troy bersama Pangeran Paris. Inilah yang menyebabkan perang besar dengan armada 1000 kapal dengan membawa puluhan ribun pasukan ( termasuk Achiles ) yang bertolak dari Sparta menuju Troy dengan tujuan menghancurkan Troy hingga rata dengan tanah.

Disinilah peran Achiles sangat Dominan dalam memberikan spirit dan motivasi kepada seluruh pasukan Sparta dan pasukan khusus miliknya yang disebut Myrmidon yang hanya berjumlah 50 orang. Kharismatik seorang Achiles mampu mengubah sebuah kekalahan yang hampir saja diderita oleh Sparta menjadi sebuah kemenangan besar karena berhasil membakar hampir seluruh wilayah Troy dengan taktik perang yang sangat jitu. "Pesan yang terkandung dalam strategi perang tersebut adalah jika tembok musuh tidak bisa dirobohkan, biarkan mereka sendiri yang mengundang kita masuk secara sukarela". Inilah yang kemudian menjadi sebuah strategi virus Trojan dalam mengobrak-abrik file komputer kita lewat berbagai media ( seperti Flashdisk ) yang kita koneksikan kedalam komputer kita secara sukarela.

Tidak ada motivasi khusus atau tujuan khusus dalam pemakaian tokoh Achilles ( The Great Warrior ) sebagai icon blog ini, apalagi berharap menjadi besar seperti tokoh Achiles. Motivasi pemakaian nama dan icon Achilles hanyalah sekedar kekaguman dengan apa yang dilakukannya pada saat itu. Sejarah akan lebih mengenang Achilles daripada setiap Raja yang ada pada jaman itu. Dan setiap orang yang pernah lahir dan dibesarkan pada jaman Achiles akan dengan sangat bangga mengatakan bahwa "Saya lahir pada jaman Achiles". Mampukah Indonesia menghadirkan tokoh besar seperti Achilles yang mampu melewati jaman dan keturunan ?


Category Article

2 Responses to “ACHILLES-Blog”