Resep Membuat Cronut

Cronut saat ini menjadi idola baru didunia kuliner. Namanya yang mirip dengan donut memang membuat penggemar kuliner tergoda untuk mencobanya. Bentuknya juga mirip dengan roti yang identik dengan lubang ditengah tersebut. Namun ada perbedaan dasar antara donut dan cronut. Kalau donut rasanya lebih empuk layaknya roti basah, sedangkan cronut lebih crispy dengan berbagai macam rasa yang disediakan.

Jika anda ingin membuat cronut dari dalam dapur anda sendiri, berikut adalah resep cronut beserta cara pembuatan yang pastinya bisa anda coba sendiri.
Bahan-bahan utama:
Kulit Pastry (Ini yang penting. Kulit pastry bisa didapatkan dengan mudah di swalayan ya)
Putih telur secukupnya untuk mengolesi adonan
Minyak Goreng untuk menggoreng secukupnya

Bahan Filling Vanilla:

2 butir kuning telur
15gr tepung maizena
300 ml susu segar
50gr gula pasir
1 sdt vanilla

Bahan Taburan

Gula halus dan cinnamon powder

Cara Membuat:

Pertama kita akan membuat Filling Vanilla :

Caranya campur tepung maizena dengan sebagian susu segar, aduk dan kemudian tambahkan kuning telur. Aduk semuanya hingga tercampur rata.
Didihkan susu dan gula, masukkan campuran tepung maizena lalu aduk cepat dan masak hingga mendidih kembali.
Masukkan vanilla, aduk rata. Angkat dan sisihkan.

Membuat Cronut :

Siapkan kulit pastry lalu bentuk dengan menggunakan cetakan donat.
Kemudian ambil satu buah pastry yang sudah dicetak, lalu rekatkan dengan pastry donat yang lain dengan menggunakan olesan putih telur. Jangan terlalu banyak mengaplikasikan putih telur ini ya lades.
Goreng cronut sampai terendam seluruh permukaannya dalam minyak panas dengan api sedang, goreng hingga mengembang sempurna dan berwarna emas kecoklatan. Setelah matang, tiriskan dengan sempurna. (Tips : jangan terlalu sering dibolak balik, karena akan membuat cronut menjadi berminyak).

Menghias Cronut Dengan Topping :

Ambil 1 buah croissant lalu belah menjadi dua bagian yang sama besar, beri filling vanilla ke sekitar bagian dalam donat lalu tangkupkan kembali.
Beri taburan gula bubuk dan kayumanis bubuk diatasnya. Anda juga bisa memberikan topping buah strawberry sebagai pelengkapnya.

Cronut bisa dinikmati selagi hangat, namun bisa juga dinikmati dengan cara dingin. Caranya adalah, setelah matang, cronut bisa disimpan dulu dalam lemari es sebelum dinikmati. Selamat mencoba.


Category Article