Wagub DKI Jakarta : Ahok Pilih Nachrowi Ramli, PDIP Menolak

Polemik tentang siapakah yang akan menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta jika nantinya Jokowi dilantik menjadi Presiden belum menemui titik temu. Beberapa nama yang sudah dipersiapkan sepertinya tidak sesuai dengan keinginan Basuki Tjahaja Purnama. Ahok justru mengajukan seorang tokoh diluar PDIP dan Gerindra yaitu Nachrowi Ramli atau yang biasa disapa dengan Bang Nara.
Mendengar calon yang diajukan oleh calon pengganti Jokowi tersebut, PDIP merasa keberatan karena hal tersebut tidak sesuai dengan Undang Undang. PDIP menganggap bahwa yang berhak mengajukan nama calon Wagub DKI adalah 2 partai yang mengusung Jokowi dan Ahok saat menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur, yaitu PDIP dan Gerindra.

"Pernyataan Pak Ahok di luar aturan main, yang dapat mengajukan Cawagub DKI itu partai pengusung. Partai pengusung itu PDIP dan Gerindra. Menurut UU, yang gantikan adalah 2 parpol ini," kata Politisi PDIP Achmad Basarah, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (15/9/2014).

Nara sendiri merupakan Ketua DPD DKI Jakarta Partai Demokrat. "Nachrowi ini kan kader Demokrat, dari aspek Undang-Undang Pak Ahok sudah keluar," ujarnya.

Dia mengungkapkan, PDIP sendiri saat ini sudah menyiapkan 2 calon untuk mendampingi Ahok. Keduanya memiliki kredibilitas yang baik.

"Yang berkembang di DPP PDIP ada Boy Sadikin anaknya Ali Sadikin yang saat ini Ketua DPD DKI, dan ada Djarot Syaiful Hidayat Ketua DPP dan mantan Walikota Blitar," ungkap Basarah.

Baca Juga : Dian Sastro Angkat Bicara Mengenai Ketertarikan Ahok Terhadap Dirinya Sebagai Wagub

Namun begitu, PDIP sudah melakukan pembicaraan informal dengan Ahok terkait siapa yang akan mendampinginya. Sedangkan untuk pembicaraan formal dengan Gerindra, Basarah mengatakan hal tersebut pasti akan dilakukan.

"Kita optimistis satu di antara nama itu akan jadi Wagub DKI. Lobi-lobi informal sudah dilakukan, dan dengan Pak Ahok kita sudah ada pembicaraan informal. Sedangkan dengan parpol (Gerindra) di DKI (nanti) kita lobi-lobi," tandas Basarah.


Category Article