Ayam dulu ato Telur dulu ?

Pertanyaan pat gulipat antara ayam dulu atau telur dulu yang sering kita dengar dan sampai sekarang belum ada jawaban yang memuaskan mungkin juga akan mempengaruhi pola pikir kita terhadap blog yang kita kelola saat ini. PageRank dulu atau Traffic dulu ? Dua2nya dong..ah kemaruk loe hehehe..Mungkin seperti itulah gambaran kasar tentang pola pikir para blogger newbie seperti saya ini. Malu kalau dah 6 bulan PR masih 0 tapi gak enak juga kalau dagangan "clometan" kita gak laku karena gak ada yang ngasih komentar. Tamunya pada langsung ngacir setelah nulis buku tamu tanpa meninggalkan jejak pada komentar hasil postingan kita. Kalau BW (blogwalking) terus, kapan belajar SEO yang njelimet itu ? Kalau belajar SEO terus, kapan BW nya ? ntar malah tamu kita pada selingkuh kelain blog. Lho bukannya Blog ber-PR gedhe tu pasti jaminan mutu kalau Trafficnya juga "seabrek" ? eit..kata siapa ?

Lihat deh blognya paman gober. PR nya masih 0 tapi traffic nya udah "gila2an". PR adalah logaritma misterius dari om google, sedangkan traffic adalah jumlah pengunjung yang "lalu-lalang" di blog kita, jadi keduanya tuh gak ada hubungannya, sepupu aja enggak kok hehehe..Trus apakah dengan begitu kita gak usah terlalu perhatikan PageRank ? eit siapa lagi tu yang bilang ? kalau berani jangan dibelakang gitu deh ngomongnya..hahaha (peace man).PageRank juga punya andil agar blog kita dipersilahkan masuk dahulu oleh om google di search enginenya. Gimana seh, katanya gak boleh dua-duanya? wah berarti aku yang kemaruk ya? hahaha..dasar..aku juga bingung, maklum newbie yang coba2 buat tulisan master SEO.

Begini kawan, untuk kita2 yang masih newbie sih saranku harus perhatikan traffic dulu. Jack Febrian dalam bukunya yang berjudul Google & yahoo secret mengatakan no traffic-no sales-no profit. Jadi lakukanlah yang terpenting terlebih dahulu. Traffic yang menjadi target kita adalah Raja dan lakukanlah dengan konsisten. Ada juga istilah bahasa masternya on Page or of Page. Lakukanlah pembangunan kedalam dahulu, baru berkoar2 keluar. Gitu deh kata mas bayu mukti. Ada 3 langkah agar traffic kita terjaga. 1. Fokus 2. Fokus 3. Fokus. Jadi tak ada kata lain yaitu tetap fokus pada Traffic. Kalaupun nanti PageRank, AlexaRank, technorati dll pada naik, anggap aja itu bonus buat kita.

Utak-atik keyword, sentil judul, dan meraba pasar pembaca adalah langkah awal setiap orang yang ingin membangun blog yang berkualitas. SEO seharusnya bukan lagi bahan pembicaraan para master2 atau peserta Busby SEO test, tapi semestinya sudah harus bisa dicicipi oleh kita2 yang masih belajar membaca peta dunia blog karena itulah fondasi awal kita membangun blog yang dinamis. "its too dificult but posible to learn". Kita pelajari dasarnya dan kita kembangkan menurut kreativitas kita masing2. Selamat berkembang kawan, sukses untuk kita semua. Nih ada tool titipan bang abu raihan buat sobat2 semua yang ingin cekcross PR,Alexa,technorati dll.


Category Article

19 Responses to “ACHILLES-Blog”

  • mantafff ilmunya,broo...

  • Wew, seep dah! Belajar trafik ama SEO juga neh>

  • Seno says:

    saya juga masih bingung nih mo ke arah mana blogku. Tapi kalo ayam dulu atau telur dulu, jawabannya pasti ayam. Kenapa? Logis aja, ayam mengenal telur, terbukti ia mengerami telur. Sedangkan telur tidak mengenal ayam. Salam. Seno.

  • Septian says:

    Bingung juga mau yg mana duluan, maunya seh 2nya, mnrutku seh bagusan pr sedang traffic tinggi
    @seno, klo mnurutku seh duluan telur lah, kenapa? Liat dr namanya "TELUR AYAM" mana yg duluan? Telur kan? Hehehe..

  • bocah says:

    trafik dulu aja bos :D kalo trafik gede gampang buat monetize nya :D . PR gede ga ada trafiknya ga laku juga buat paid review :D

  • aku sih apa aja deh. Gak berharap bnyk dpt traffic tinggi. nyadar bgt kalo blogku cupu.

    biarin deh, bukan buat cari duit ini. cuma hobi iseng2 aja.

  • bener juga tuh! emang sebaiknya qt kejer traficnya dl biar blog qt dikenal masyarakat luas,stelah ntu baru qt bs gelar dagangan hehehe... :D

  • salut makin banyak master blog dari indonesia :D

  • Bigyst says:

    haa..ha., nice posting

  • mascayo says:

    hmm begitu yaa ..
    okelah tak terus pelajari sambil jalan
    thx for sharing

  • halu..tks utk sharing ilmu-nya..mnrt aku sih, traffic dulu..percuma punya blog yg bagus, keren, PR sekian, dll, tapi yang datang cuman 1-2 sehari. itu-pun cuman numpang lewat doang..kalopun nanti dapat PR bagus, spt kata bos..anggap aja bonus..tp ini mnrt aku ya..sama2 nubie nih..
    soal duluan mana ayam sama telor..coba tanya sama bebek..mungkin dia tau..hahaha

  • Ayam dulu atau telur dulu?
    Kemaren belinya mana dulu?, beli ayam dikawinin biar bertelor atau beli telor lalu ditetaskan jadi ayam?

    Bagusnya sih tamu datang ke blog kita melalui search engine, biar kita bisa ada waktu buat santai. Semakin banyak posting yang terindeks di direktory google, semakin banyak kemungkinan tamu datang dari mesin pencari. Dan frekuensi google boot melakukan indeks ditentukan berapa tinggi PR blog kita. JAdi kalau yang PRnya masih kurang, BW & titip BL melalu komen akan dapat membantu, sambil nunggu PR meningkat. Ga lama koq, asal frekuensi menulis dibanyakin. PAsti kedua-duanya dapat diraih..

  • Ifoel says:

    jadi master SEO nih kayaknya..
    he..he..he..
    happy blogging ya friend..
    btw, g ikutan kontes aja sklalian

  • ACHILES97 says:

    4ifoel = master dari hongkong ?? ada2 aja nie..thanks komentnya..

    4 kang asep = thanks kang dah mampir..amien deh kalo gitu..hehe..

    4 budiawan = setuju bang..kalo bebek ya pasti tau dong wong sama2 bangsa unggas haha..

    4 mascayo = ok deh..thanks mas..

  • ACHILES97 says:

    4 bigyst = thanks

    4 medan blogger = waduh..master dari hongkong..masih bayi nie mas..baru belajar merangkak..

    4 ombung = hahaha..hidup dagangan..

    4 fatamorgana = lho katanya kemarin ga boleh pesimis..sekarang mbaknya sendiri yang pesimis gini

    4 bayumukti = pake nick bocah nie..salam hormat deh n ajari paid review dong..kalo boleh sih minta YM juga hehehe..

  • ACHILES97 says:

    4 septian = setuju aja deh..

    4 seno = jangan bingung mas..ntar malah tersesat lho hehehe...

    4 paman gober = cuma sekedar coba2 kok mas

    4 bloggendeng = thanks mas..

  • kalo menurut gw sih trafik dulu walaupun ada pagerank trafik kecil kecewa :D

  • tutekx says:
    This comment has been removed by a blog administrator.
  • toppedia says:

    kalo ayam goreng sekalian ama telor rebus gimana oom...? hehehe
    alias traffic gede yang hasilin PR ato traffic dari site ber-PR gede.
    gimana sih, jadi bingun sendiri...