Seputar Pemilu

Tahun 2009 bangsa Indonesia akan disibukkan dengan berbagai macam persiapan seputar Pemilu, Pemilu Legislatif dan pemilihan Presiden. Partai peserta Pemilu akan menyusun berbagai macam strategi kampanye untuk memenangkan pemilu yang rencananya sudah bergulir April. Beberapa putra terbaik Indonesia sudah menyatakan diri maju sebagai Calon Presiden (Capres) pada pemilu nanti. Ada muka-muka lama namun ada banyak pula muka-muka baru yang menyatakan diri telah didukung partainya maupun koalisi partai agar maju sebagai Calon Presiden. Komisi pemilihan umum (KPU) telah meloloskan dan mem-verifikasi 34 parpol yang berhak ikut serta pada Pemilu nanti. Seputar pemilu menarik untuk terus di pantau perkembangannya karena ini adalah pesta Demokrasi terbesar bangsa indonesia. Golput yang terus berkembang pada Pilkada yang sudah dilakukan oleh banyak daerah di Indonesia kemungkinan besar masih tetap menyita perhatian publik. OK deh sebagai gambaran umum seputar pemilu berikut akan Achiles tampilkan nama-nama Partai yang telah lolos verifikasi KPU dan beberapa nama Calon Presiden yang sudah menyatakan diri maju sebagai calon Presiden pada Pemilu nanti

Daftar Nama Partai peserta Pemilu

1. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).
2. Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB).
3. Partai Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia.
4. Partai Peduli Rakyat Nasional.
5. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).
6. Partai Barisan Nasional.
7. Partai Keadian dan Persatuan Indonesia (PKPI).
8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
9. Partai Amanat Nasional (PAN).
10. Partai Indonesia Baru.
11. Partai Kedaulatan.
12. Partai Persatuan.
13. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
14. Partai Pemuda Indonesia.
15. Partai Nasional Indonesia Marhaenis (PNI Marhaenis).
16. Partai Demokrasi Pembaruan (PDP).
17. Partai Karya Perjuangan.
18. Partai Matahari Bangsa.
19. Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI).
20. Partai Persatuan Demokrasi Kebangsaan (PPDK).
21. Partai Republik Nusantara.
22. Partai Pelopor.
23. Partai Golongan Karya (Golkar).
24. Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
25. Partai Damai Sejahtera (PDS).
26. Partai Nasional Banteng Kerakyatan Indonesia.
27. Partai Bulan Bintang (PBB).
28. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).
29. Partai Bintang Reformasi (PBR).
30. Partai Patriot.
31. Partai Demokrat.
32. Partai Kasih Demokrasi Indonesia.
33. Partai Indonesia Sejahtera.
34. Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU).

Daftar nama Calon Presiden (Capres) Pemilu 2009

1. Susilo Bambang Yudhoyono: “Setelah mendekati pemilu, saya mempertimbangkan untuk maju kembali, Insya Allah, saya akan mencalonkan kembali sebagai capres,”
2. Jusuf Kalla
3. Megawati: ”Saya menerima pencalonan diri saya sebagai presiden dari PDI Perjuangan untuk maju dalam pemilihan presiden mendatang,”
3. Sutiyoso: …. Penegasan Bang Yos–sapaan akrab Sutiyoso–itu dikemukakan saat dihibungi Warta Kota, Jumat (28/9) malam, menanggapi tawaran Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi Capres. Bahkan, Bang Yos mengaku, sudah ada belasan partai politik (parpol) yang menyatakan akan mencalonkan dirinya sebagai Capres. ….
4. Sri Sultan Hamengkubuwono X: “Dan dengan niat yang tulus, saya menyatakan siap maju menjadi calon presiden dalam Pemilu,”
5. Rizal Ramli: “Kami yakin akan menjadi magnet dalam perubahan,”
6. Yusril Ihza Mahendra: “Saya berharap maju melalui PBB, dan untuk itu PBB harus mempunyai suara yang cukup untuk mencalonkan dirinya sebagai presiden,”
7. Amien Rais: “Kemarin Serikat Pekerja PLN Surabaya mendukung saya sebagai capres. Nah kalau masih ada banyak lagi Serikat Pekerja di seluruh Indonesia dan diikuti PAN mendukung saya sebagai capres, ya saya akan segera mendeklarasikan diri,”
8. Hidayat Nur Wahid: “Saya siap jika itu merupakan keputusan Majelis Syuro, tapi kan belum diputuskan,”
9. Akbar Tanjung: “Saya siap mencalonkan diri menjadi presiden, namun mengenai partai yang mengusung saya belum bisa pastikan, apakah melalui kendaraan Partai Golkar atau beberapa partai lainnya yang sudah `meminang` saya,”
10. Gus Dur: “Saya siap kalau saya diperintahkan oleh ke lima orang tua yang dulu pernah minta saya jadi presiden,”
11. Rizal Malarangeng: “Saya siap ikut pilpres tahun walau harus berhadapan dengan Presiden dan mantan presiden,”
12. Sutrisno Bachir: ”Banyak yang menyarankan agar saya mencari pasangan tokoh Sunda (untuk pilpres). Dia harus punya latar belakang akademis bagus,”
13. Prabowo: “Kalau Gerindra memenuhi syarat untuk mencalonkan seseorang dan saya yang dibutuhkan sebagai capres, saya siap memberi jiwa raga untuk negeri,”
14. Wiranto: “O ya, sejak dari awal sudah saya katakan berkali-kali soal pencalonan ini,”
15 Din Syamsuddin: “Saya kira sudah sering saya katakan kalau sekedar menjawab siap, maka saya sebagai pemimpin ormas besar seperti Muhammadiyah harus menyatakan siap. Insyaallah,”

Demikian sekilas info seputar pemilu yang berhasil Achiles dapatkan. Semoga artikel ini dapat memberikan sedikit gambaran mengenai seputar pemilu nanti. Selamat ber-pesta demokrasi Pemilu Indonesia


Category Article

10 Responses to “ACHILLES-Blog”