Jitu Poker

Manajemen Waktu

Manajemen Waktu itu mudah dipelajari namun sulit untuk dilakukan. Seringkali kita mengobral waktu kita hingga suatu saat kita sadar bahwa kita telah menghabiskan banyak waktu dengan hal yang sia-sia. Seorang yang memiliki manajemen waktu yang baik pasti mempunyai kualitas hidup yang baik pula. Seorang Manager belum tentu memiliki manajemen waktu yang baik. Seorang yang mengambil jurusan manajemen pun seringkali merasa waktu yang dipunyai susah untuk diatur. Kita disediakan waktu yang sama dalam 1 hari yaitu 24 jam. Namun yang menjadi pertanyaan adalah kenapa ada orang yang berhasil dengan waktu yang ia punyai namun ada orang yang gagal menjinakkan waktu hingga banyak waktu yang ia buang percuma.

Malam ini Achiles belajar banyak dari seseorang mengenai manajemen waktu. Ia bukan seorang yang kuliah dan mengambil juruisan manajemen, ataupun dosen atau Doktor Manajemen, namun tingkat keberhasilannya dalam memanfaatkan waktu yang ia punyai sangatlah baik. Obrolan pun mengalir seputar waktu dan ia berikan gambaran tentang manajemen waktu yang ingin Achiles bagikan buat teman-teman sekalian yang juga seringkali merasa sudah membiarkan waktu kita berlalu tanpa hasil. Berikut gambaran manajemen waktu yang ia berikan untuk Achiles malam ini.

Suatu waktu ada seorang Dosen yang sedang mengajar di dalam kelas. Ia mengambil sebuah tabung besar untuk diperlihatkan dihadapan mahasiswanya. Seorang mahasiswa di minta untuk mengisi tabung itu dengan batu besar hingga penuh. Lalu ia bertanya kepada mahasiswanya. "Apakah tabung ini sudah penuh dan tidak bisa diisi oleh benda lain lagi ?" Mahasiswanya pun terdiam. Dosen tersebut lalu memerintahkan mahasiswa lagi untuk mengisi tabung itu dengan kerikil2 kecil. Ternyata kerikil2 tersebut bisa masuk disela2 batu besar yang sudah ada didalam tabung tersebut. Dosen itu bertanya lagi kepada mahasiswa yang ada dikelas. "Apakah menurut kalian tabung ini sudah penuh ?" Tidak ada mahasiswa yang memberikan komentar. Dosen itu kembali memberi perintah untuk memasukkan pasir kedalam tabung tadi. Ternyata ada banyak pasir yang masih bisa masuk kedalam tabung tersebut. Mahasiswa sudah mulai mengangguk2an kepala. "Apa sudah tidak bisa dimasukkan benda lagi kedalam tabung itu ?" tanya sang Dosen kepada mahasiswanya untuk yang ketiga kalinya. "Coba masukkan air kedalam tabung tersebut" perintah sang Dosen kepada salah satu mahasiswa yang duduk paling ujung yang lagi asyik berkirim SMS Valentine. Ternyata masih ada tempat untuk air bisa bergabung dengan batu besar, kerikil dan pasir yang sudah terlebih dahulu mengambil tempat didalam tabung tersebut.

"Apa kesimpulan kalian tentang gambaran ini ?" tanya sang Dosen kepada semua mahasiswa yang ada dikelas itu. "Kalau kita bisa mengatur waktu ternyata ada banyak hal yang bisa kita lakukan". kata seorang Gadis idaman mahasiswa yang duduk dibangku paling depan. "Jawabanmu kurang tepat anak muda" sahut sang Dosen dengan ramah. "Jika kita tidak terlebih dahulu memasukkan batu besar kedalam tabung, sementara tabung itu sudah banyak terisi kerikil, pasir dan air, maka sudah pasti kita tidak akan mampu lagi memberikan tempat untuk batu besar agar bisa masuk kedalam tabung". Semua Mahasiswa pun memberikan reaksi positif terhadap penjelasan sang Dosen.

Lalu bagaimana dengan waktu kita ? Apakah hal kecil dan sepele yang kita lakukan terlebih dahulu ataukah sudah ada langkah yang benar dengan memberikan tempat terlebih dahulu kepada kepentingan yang besar ? Untuk kita yang seringkali menggunakan Internet sebagai media informasi, apakah kita sudah menggunakan media ini untuk sesuatu yang besar ataukah kita menggunakan media ini hanya untuk sekedar menghabiskan waktu yang tidak pernah kita sadari telah bergerak dengan sangat cepat ? Sebuah pertanyaan yang mudah dipahami namun sangat sulit untuk dilakukan di setiap ruang kehidupan Achiles. Paling tidak sampai malam ini.


Category Article

9 Responses to “ACHILLES-Blog”