Hati-Hati Dengan Phising

Entah sejak beberapa minggu ini banyak sekali email yang mulai berdatangan setiap harinya untuk memberikan informasi bahwa email saya mendapat hadiah besar lewat undian acak yang dilakukan oleh beberapa perusahaan yang disebutkan. Namun setelah mencari tahu, hal tersebut ternyata adalah sebuah upaya pengelabuan yang dinamakan Phising. Mungkin ada dari kita yang tidak mengenal phising dan sedikit meresponi email tersebut dengan serius. Namun itulah kelihaian dari oknum pengirim phising yang harus kita cermati dan mengambil sikap hati-hati. Maraknya phising mirip dengan SMS penipuan yang dulu sempat banyak orang menjadi korbannya. Dan dengan perkembangan teknologi informasi dan dunia internet, maka hal tersebut dilakukan dengan cara yang lebih canggih lagi yaitu lewat email.

Budaya ingin cepat kaya mendadak menjadikan phising juga semakin berkembang. Namun penipuan berkedok undian berhadiah masih menjadi andalan oknum pelaku phising. Target dari phising adalah pencurian dana di paypal kita atau rekening yang bisa diakses online. Namun jika kita lebih cermat untuk melihat gejala phising sebenarnya cukup mudah dikenali karena modus operandi dari phising masih mengambil tema-tema yang sama yaitu undian berhadiah atau upaya login tanpa alasan. Untuk itu Achiles ingin berikan beberapa tips untuk mengenali upaya phising agar kita semua lebih terhindar dari penipuan online ini.

1. Email dari upaya phising biasanya masuk ke bagian spam email kita.
2. Upaya phising biasanya bertema undian berhadiah atau membujuk kita melakukan login pada akun paypal atau rekening kita via online.
3. Data yang diminta oleh upaya phising biasanya terlalu bertolak belakang dengan informasi yang ia dapatkan tentang kita.

Karena itu jangan terlalu bodoh untuk mempercayai setiap informasi atau bujukan yang kita dapatkan lewat email agar kita terhindar dari upaya phising beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab. Achiles harap hal ini juga mendapat perhatian dari pemerintah karena perkembangan dunia online di Indonesia tidak bisa lagi dipandang sebelah mata.


Category Article

6 Responses to “ACHILLES-Blog”