Jembatan Suramadu Ikon Baru Jawa Timur

Akhirnya selesai juga pengerjaan Jembatan Suramadu yang sempat molor beberapa kali karena banyaknya hambatan dan rintangan. Kini Jembatan Suramadu yang pengerjaannya memakan waktu 6 tahun setelah pemancangan tiang pertama pada tanggal 20 Agustus 2003 oleh mantan Presiden Megawati Soekarno Putri ini telah berdiri tegak untuk menghubungkan Pulau Jawa dan Madura. Jawa Timur khususnya Surabaya kini boleh bangga karena telah memiliki salah satu jembatan termegah di Asia. Dengan panjang 5,438 meter, Jembatan Suramadu bisa menjadi kebangga masyarakat Indonesia. Tanggal 10 Juni 2009, Jembatan Suramadu yang bakal menjadi ikon baru Jawa Timur ini resmi dibuka.

Sebenarnya ide pembuatan Jembatan Suramadu sudah ada sejak dulu. Bahkan jauh sebelum orde baru, ada sebuah ide untuk mempersatukan Pulau Sumatera - Jawa - Bali dengan jembatan-jembatan raksasa. Namun ide tersebut baru dapat terealisasi pada tahun ini. Biaya untuk megaproyek Jembatan Suramadu ini menelan biaya hingga 4,5 Triliun. Target awal penyelesaian pada tahun 2008 harus mengalami beberapa kali penundaan akibat keadaan ekonomi nasional yang kurang mendukung. Namun semuanya telah selesai dan kini masyarakat bisa menggunakan Jembatan Suramadu dengan biaya 2500 untuk sepeda motor dan 35 ribu untuk mobil dan sejenisnya.

Dengan adanya Jembatan Suramadu diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia khususnya Jawa Timur agar bisa lebih baik. Beberapa proyek lanjutan dipersiapkan agar benar-benar ada sebuah hasil yang nyata dari efek pembangunan jembatan Suramadu. Pulau Madura yang selama ini hampir tidak tersentuh oleh investor, diharapkan mampu menarik minat para pengembang untuk menanamkan modal pada pulau garam tersebut. Madura diharapkan bisa berubah menjadi target basis baru perekonomian bisnis dan industri di Jawa Timur

Ikon Baru Jawa Timur yaitu Jembatan Suramadu telah hadir, tinggal bagaimana cara kita memelihara megaproyek ini agar tidak sia-sia tergerus jaman. Untuk yang ingin melihat kemegahan Jembatan Suramadu silahkan berkunjung ke Surabaya dan anda bisa menjadi saksi kehadiran ikon baru Jawa Timur ini dengan lebih dekat.


Category Article

One Response to “ACHILLES-Blog”