Kontroversi Lagu Terang Bulan | Negaraku Malaysia

Belum reda kasus Plesetan Lagu Indonesia Raya yang berbau pelecehan, kini muncul kabar kontroversi baru mengenai Lagu Terang Bulan yang diduga telah dijiplak irama dan nadanya oleh Malaysia untuk dipergunakan sebagai lagu kebangsaan mereka yang berjudul Negaraku. Lagu Terang Bulan sendiri sampai sekarang masih belum diketahui siapa pencipta asli lagu tersebut. Depbudpar masih terus menyelidiki pengarang dan pencipta lagu terang bulan ini melalui berbagai macam arsip Nasional agar terlihat jelas mengenai maasalah ini.

Dalam beberapa tulisan menyebutkan bahwa Lagu Terang Bulan telah dinyanyikan di RRI sebelum kemerdekaan Malaysia. Kontroversi ini semakin rumit tatkala ada yang menyebutkan bahwa Bung Karno pernah memberikan hadiah piringan hitam yang didalamnya ada lagu terang bulan kepada Malaysia saat mereka merayakan ulang tahun kemerdekaan. Namun semua keterangan tersebut harus diteliti lebih lanjut kebenarannya agar polemik lagu Terang Bulan bisa menemui jalan keluar.

Kita tunggu saja bagaimana kelanjutan kasus tersebut. Apakah ada ketegasan dari pemerintah Indonesia mengenai hal ini seperti halnya kasus pelecehan dan plesetan lagu Indonesia Raya yang juga belum diketahui penyelesainnya. Suara Ganyang Malaysia memang semakin kuat didengungkan oleh beberapa kelompok masyarakat yang sudah gatal untuk menarik pelatuk dan menghunus belati. Namun untuk anda yang ingin mendengarkan lagu terang Bulan, bisa melakukan download lewat link dibawah ini :

Download Lagu Terang Bulan


Category Article

3 Responses to “ACHILLES-Blog”

  • wakh baru tau aku...jadi begitu yah

  • Lagu negaraku diadopsi dari lagu kebangsaan negara bagian Perak. Trus Perak sendiri adopsi dari melody yg populer di Sechylles. Lagu Terang Bulan sendiri juga adopsi dari melody yg sama. Tahun 1930-40an melody tsb cukup populer sehingga diadopsi jadi lagu terang bulan, mamula moon Hawaii, dan bbrp lagu lain. Pencipta awalnya adalah Pierre-Jean de Beranger. Saya rasa Malaysia tidak menjiplak dari Terang Bulan, tapi baik Terang Bulan dan Negaraku sama2 menjiplak dari melody Beranger. Jaman2 itu perundang2an hak cipta blom seketat sekarang, lagian pd saat itu melody tsb hampir berusia 100 tahun (de Beranger meninggal th 1857), jadi sudah menjadi public domain.

    Dengan kata lain, sebenarnya kontroversi terang bulan-negaraku tidak perlu sama sekali, karena memang sama2 menjiplak de Beranger, menjiplak karya seni yg sudah menjadi public domain. Jadi tidak ada pelanggaran hukum sama sekali. Bahkan sampai sekarang negara bagian Perak juga msh menggunakan Allah lanjutkan usia sultan sbg lagu kebangsaan mereka, dengan melody yg tetap sama persis dgn negaraku.

    Coba baca wikipedia entry "negaraku", "terang_bulan", "Allah_lanjutkan_usia_sultan".

  • Anonymous says:

    LUCU BANGET..
    yang bikin plesetan norak banget..
    masak cuma gituan doang nggk bikin GREGET...
    Liriknya nggk nyambung..
    biasanya pake AAAA, BBBB atau AB AB..
    lha ini ABCDEFG...
    GInian mah anak kecil juga tau bkininnya..

    GOBLOK....!!! Mau ngetop tap GOBLOK