Astrologi China

Kita mungkin pernah menonton TV dan menjumpai iklan sms premium yang memberikan gambaran tentang ramalan yang dilihat berdasarkan astrologi China. Tapi apa sih astrologi China itu ? Apakah hal itu yang mampu menghasilkan ramalan mengenai zodiak hari ini ? Bagaimanakah cara menghitung dan melihat astrologi ini ? Dan apapula manfaatnya bagi kehidupan ?

Astrologi Cina didasarkan pada astronomi tradisional dan kalender. astrologi Cina tidak menghitung posisi matahari, bulan dan planet pada waktu kelahiran. Perkembangan astrologi Cina terkait dengan astronomi, yang datang untuk berkembang selama Dinasti Han (abad ke-2 SM untuk Abad ke-2 M).

Astrologi Cina memiliki hubungan erat dengan filsafat Cina (teori tentang tiga harmoni yaitu langit, bumi dan air) dan sedikit berbeda dengan dari Barat. Astronomi : 5 planet, 10 Celestial stems, 12 Earthly Branches, lunisolare calendar( kalender bulan dan kalender matahari ), perhitungan waktu setelah tahun, bulan dan hari.

Menurut astrologi Cina, takdir seseorang dapat ditentukan dari posisi planet besar pada saat kelahiran seseorang bersama dengan posisi Matahari, Bulan dan komet serta orang tanda Zodiak yang mengelilinginya. Sistem siklus dua belas tahun dengan lambang binatang tersebut dibangun dari pengamatan orbit Jupiter. Setelah orbit Jupiter mengelilingi matahari, astronom Cina membagi lingkaran langit menjadi 12 bagian.

Dari sinilah yang kemudian berkembang beberapa ramalan bintang, Shio dan beberapa prediksi lainnya dan kemudian kita kenal dengan ramalan modern yang memakai berbagai media untuk sekedar memberikan gambaran tentang masa depan pada kita semua yang nampak pada media tersebut


Category Article