Mengapa Celana Dalam Superman Diluar ? Inilah Jawabannya

Celana dalam para pahlawan super jadi olok-olok sepanjang masa di seluruh dunia.

Dari manakah ide pakaian ini muncul?

Berikut ini beberapa alasan celana dalam Superman digunakan di luar.


Di Amerika Serikat, salah satu jawaban dari olok-olok di atas adalah karena para pahlawan super ini kehilangan orang tua mereka saat masih kecil, hingga tak ada yang memberi tahu mereka bahwa celana itu harus dipakai di bagian dalam, alih-alih di bagian luar.

Julius Schwartz, yang kini telah tiada, adalah seorang penyunting terkenal yang bekerja untuk DC Comics dari 1944 hingga 1986.

Ia menyunting cerita pahlawan super seperti Batman, dan ikut memperkenalkan Barbara Gordon sebagai versi baru dari Batgirl.

Selain Batman, editor terkenal DC Comics ini juga menyunting kisah pahlawan super dengan celana dalam di luar lainnya, Superman.

Menurutnya, model baju para pahlawan super ini diambil dari model para pemain sirkus dan pegulat pada masa tersebut.

Perlu diketahui bahwa para pegulat, pemain sirkus, dan pahlawan super ini sebenarnya tak memakai celana dalam di luar, melainkan celana pendek ketat, yang dipakai di atas legging mereka.

Karena pahlawan super memiliki tubuh atletis yang mengagumkan serta mampu melakukan atraksi akrobatik sambil melawan kejahatan, pada masa itu wajar saja jika para pencipta karakter pahlawan super ini mengadopsi pakaian yang digunakan oleh pemain sirkus dan pegulat tersebut.

Itulah alasan celana dalam Superman digunakan di luar. Setuju?

Tentang Superman

Superman (bahasa Indonesia: "Lelaki Super"), adalah tokoh fiksi karakter pahlawan super yang paling terkenal dan berpengaruh dari penerbit komik DC Comics dari Amerika Serikat.

Superman secara luas telah dianggap sebagai ikon budaya yang melambangkan kekuatan budaya Amerika Serikat.

Dalam bahasa Inggris, Superman juga dikenal sebagai "The Man of Steel" ("Manusia Baja") "The Man of Tomorrow" ("Pria Masa Depan") dan "The Last Son of Krypton" ("Putra Terakhir Planet Krypton").

Superman diberikan julukan oleh teman pahlawan super sejawatnya dengan julukan "The Big Blue Boy Scout" ("Anak Pramuka Lelaki yang Biru Besar").

Diciptakan oleh seorang seniman Kanada, Joe Shuster, dan penulis Amerika Serikat Jerry Siegel pada tahun 1932 saat mereka masih remaja di Cleveland, Ohio dan kemudian menjualnya kepada Detective Comics, Incpada 1938.

Superman pertama kali muncul dalam serial Action Comics ("Komik Aksi") edisi #1 di Amerika Serikat (30 Juni 1938) dan kemudian juga muncul di berbagai serial drama radio, acara televisi, film layar lebar, surat kabar, komik, novel, dan permainan video berbahasa Inggris.

Dengan kesuksesan petualangannya, Superman membantu menciptakan ragam pahlawan super dan populernya buku-buku komik Amerika Serikat.

Karakter Awal

Ketika Jerry Siegel dan Joe Shuster pertama kali membuat Superman, bukanlah seorang pahlawan super yang selalu membantu manusia lain, tetapi seorang psikopat botak jenius dengan kekuatan telepati yang hendak menguasai seluruh dunia.

Ia muncul pada cerita pendek yang berjudul "The Reign of the Super-Man" dari Science Fiction #3, sebuah majalah yang diterbitkan oleh Siegel pada tahun 1933.

Karena tidak lakunya karakter ini, pada akhirnya "Superman Botak" itu pun kemudian ditulis ulang oleh Siegel pada tahun 1933 sebagai seorang pahlawan, berbeda dari karakter jahat sebelumnya, mengambil model dari aktor Douglas Fairbanks Sr. dan alter egonya Clark Kent, dari aktor komedi Harold Lloyd.

Superman botak dan jahat kemudian menjadi seorang musuh utama Superman yang bernama Lex Luthor.

Logo S

Superman adalah karakter pahlawan super pertama yang memakai eblem atau sebuah logo di dadanya.

Rancangan karakter aslinya tidak memakai emblem apapun, tetapi karena perkembangan zaman dan waktu, maka ditambahkanlah Tanda “S” tersebut.

Bagi para penciptanya “S” adalah singkatan dari “Shield” (tameng). Bentuk original Logo nya adalah contekan dari Lencana Polisi di Amerika, tetapi setelah superman menjadi terkenal, logo itu lebih dikenal dengan sebutan “The Knight Shield”.

Namun Tanda “S” hingga saat ini mempunyai banyak makna disesuaikan dengan perkembangan jaman dan interpretasi para fans.

Mulai dari sekedar singkatan dari kata “Superman” hingga dihubung-hubungkan dengan kepercayaan Yahudi, serta terakhir Simbol “S”yang berarti “Hope” atau harapan (seperti yang diceritakan dalam film Man of Steel).

Referensi : http://makassar.tribunnews.com/2015/05/23/akhirnya-terungkap-ini-sebab-celana-dalam-superman-di-luar?page=5


Category Article