Cara Menghilangkan stress

Stress adalah penyakit yang banyak menemani masyarakat modern jaman ini. Stress di dunia kerja, kuliah, kebutuhan hidup hingga masalah hubungan seksual. Terkadang usaha untuk menghilangkan stress malah memunculkan stress yang baru. Cara-cara Tradisional hingga metode modern kita pakai agar terhindar dari stress. Lazarus dan Folkman (1984) mendefinisikan stress sebagai segala sesuatu yang dipandang oleh seseorang sebagai sesuatu yang manantang, mengancam, atau menyakitkan (Lazarus & Folkman, dalam Wortman, 1999). Holmes dan Rahe mendefnisikan stress sebagai suatu keadaan dimana individu harus berubah dan menyesuaikan diri terhadap suatu peristiwa yang terjadi (Holmes & Rahe dalam Aronson, 2004). Papalia (2004) mendefinisikan stress sebagai respon terhadap tuntutan fisik ataupun psikologis. Penyebab stress sendiri dapat dibagi ke dalam tiga kelompok besar, yaitu bioekologis, psikososial, dan kepribadian. Bioekologis adalah stress yang muncul karena keadaan biologis seseorang yang dipengaruhi oleh tingkah laku-tingkah laku orang tersebut. Psikososial adalah stress yang muncul karena pengaruh keadaan lingkungan, dan kepribadian adalah stress yang muncul akibat kepribadian orang tersebut. Ada banyak cara menghilangkan stress namun Achiles akan berbagi menurut cara dan pengalaman Achiles sendiri dalam menghilangkan stress

1. Kenali dan identifikasi apa akar permasalahan dari penyebab stress itu.
Apakah karena sebuah tuntutan ataukah tekanan dari pihak lain ? Kalau stress itu berhubungan dengan sebuah tuntutan, maka secepat mungkin tanpa menunda waktu usahakan agar tuntutan itu segera kita selesaikan.

2. Berpikir Positif dan berdamai dengan diri sendiri. Pantulan Positif yang tercermin dari isi hati dan kepala kita diyakini akan mengurangi dan menghilangkan stress. Bersyukur dalam segala hal tentang apa yang sudah kita miliki adalah contoh usaha berdamai dengan diri sendiri.

3. Lakukan yang menjadi kesukaan kita.
Mungkin inilah cara yang paling efektif untuk menghilangkan stress. Menyalurkan emosi kepada hal2 yang kita sukai seperti Download MP3, Ngeblog, jalan2 kepantai, wisata keluarga, ngeceng di Mall, main Game Online ataupun hal2 mengasyikkan lainnya akan meredakan tingkat stress yang kita alami.

Permasalahan memang tidak dapat kita hindari namun meminimalisasi permasalahan masih dapat kita usahakan agar terhindar dari Stress. Cara menghilangkan Stress diatas kiranya dapat membantu anda sekalian untuk dapat Survive didalam dunia yang semakin penuh dengan tekanan ini.


Category Article

13 Responses to “ACHILLES-Blog”