Cara Menghitung Masa Subur

Membentuk sebuah keluarga kecil yang berkualitas adalah idaman setiap pasangan yang telah menikah. Karena itu diperlukan sebuah perencanaan untuk mengatur masa kehamilan dengan sebaik mungkin. Mencegah atau mengusahakan kehamilan memang bisa dengan banyak cara dan alat kontrasepsi. Salah satu cara yang bisa kita tempuh adalah dengan menghitung masa subur pasangan wanita kita. Dengan mengerti rumus cara menghitung masa subur, maka kita memiliki kesempatan membentuk keluarga berencana yang berkualitas. Anda juga bisa melakukan konsultasi seks kepada dokter yang telah terpercaya dalam masalah ini.

Untuk lebih memahami cara menghitung masa subur ini, akan Achiles lampirkan gambar beserta tool yang kiranya bisa berguna untuk anda.

Dari gambar tersebut, kita bisa simpulkan bahwa masa subur terjadi antara hari ke 13 - hari ke 15 sebelum masa menstruasi berikutnya. Agar didapat data yang akurat, maka diharapkan para calon ibu rajin untuk mencatat siklus menstruasi yang umumnya berada pada kisaran 25 - 28 hari.

Sebagai contoh, jika terakhir anda menstruasi pada tanggal 1 dan siklus anda adalah 28 hari, maka menstruasi berikutnya akan terjadi pada tanggal 29 nanti. Dengan begitu, masa subur anda adalah pada tanggal 14 ( 29 - 15 ) hingga 16 ( 29 - 13 )

Namun jika siklus menstruasi anda 25 hari dan anda mendapat menstruasi terakhir pada tanggal 3, maka menstruasi berikutnya akan terjadi pada tanggal 28. Dengan begitu masa subur anda berkisar pada tanggal 13 ( 28 - 15 ) hingga tanggal 15 ( 28 - 13 )

Karena masa hidup sperma biasanya adalah 2 hari, maka pasangan yang ingin segera mempunyai momongan dianjurkan untuk melakukan hubungan seks pada H-2 atau H+2 dari perkiraan tanggal tersebut.

Ok deh, untuk melengkapi tips cara menghitung masa subur ini, silahkan anda pergunakan tool yang ada dibawah ini. Dengan tool tersebut, selain anda bisa perhunakan untuk menghitung masa subur, tool ini dapat membantu anda untuk mengetahui bagaimana caranya agar bisa memiliki kesempatan mempunyai anak dengan jenis kelamin laki2 atau perempuan.

Sebagai catatan terakhir, cara menghitung masa subur beserta gambar dan tool yang telah disediakan diatas tidak dapat memastikan 100% akurat karena semua ini hanyalah alat bantu untuk menolong beberapa pasangan yang ingin mengatur masa kehamilan dengan sebaik mungkin.

Tool Menghitung Masa Subur


Category Article

2 Responses to “ACHILLES-Blog”