Kamus Bahasa Alay

Jika anda pernah melihat kalimat "U 9Hy D! HuMZzZ. . . ? ? ?" atau "heii , lamb knall yupz ! nmAquw Gneshaa . . !". Pasti untuk kita yang belum terbiasa, pasti akan pusing melihat tulisan yang mirip dengan sandi tersebut. Itulah yang disebut dengan Bahasa Alay. Untuk menerjemahkan lifestyle bahasa anak muda masa kini tersebut, sebaiknya kita memerlukan kamus Bahasa Alay agar maksud dan tujuan penulisan pesan tersebut tidak salah mengerti. Anak ABG selalu saja berhasil menciptakan sebuah image baru mengenai dirinya walaupun hal tersebut banyak menabrak pakem yang telah ada. Tidak terkecuali dengan bahasa alay ( Anak Layangan ) ini yang menggabungkan huruf dengan angka, memperpanjang atau memperpendek pemakaian huruf atau memvariasi huruf besar dan kecil membentuk sebuah kata dan kalimat.

Seperti halnya tren bahasa gaul yang sempat dipopulerkan oleh Deby Sahertian hingga penerbitan beberapa kamus bahasa gaul nya, maka bahasa alay juga memerlukan sebuah kitab atau kamus khusus untuk mengartikan bentuk tulisan agar tidak salah mengerti. Namun jika kita ingin mengindari hal tersebut, maka usahakan untuk berkomunikasi langsung saja agar maksud yang ingin diberikan, bisa kita mengerti dengan benar. Karena ketertarikan dengan bahasa alay inilah, hingga muncul sebuah teks generator dan kamus bahasa alay. Hal tersebut bukan bermaksud untuk mendukung atau mencegah perkembangannya, namun semata2 ingin memberikan informasi mengenai keberadaan bahasa tersebut yang semakin berkembang dikalangan remaja kita. Ok deh untuk yang ingin menggunakan Tex Generator seperti gambar dibawah ini, silahkan klik link yang ada dibawahnya ( Jangan Lupa Klik Skip Ad di pojok kanan atas )

Lihat Disini

Dan berikut beberapa daftar kata yang coba disusun menjadi sebuah kamus bahasa alay

Gue : W, Wa, Q, Qu, G
Lo/kamu : U
Rumah : Humz, Hozz
Aja : Ja, Ajj (Ajj bacanya apa ya?)
Yang : Iank/Iang, Eank/Eang (ada juga yang iiank/iiang)
Boleh : Leh
Baru : Ru
Ya/Iya : Yupz, Ia, Iupz
Kok : KoQ, KuQ, Kog, Kug
Nih : Niyh, Niech, Nieyh
Tuh : Tuwh, Tuch
Deh : Dech, Deyh
Belum : Lom, Lum
Cape : Cppe, Cpeg
Kan : Khan, Kant, Kanz
Manis : Maniezt, Manies
Cakep : Ckepp
Keren : Krenz, Krent
Kurang : Krang, Krank (Crank?)
Tau : Taw, Tawh, Tw
Bokep : Bokebb
Dulu : Duluw (Dulux aja biar bisa ngecat rumah)
Chat : C8
Tempat : T4
Sempat : S4
Telepon : Tilp
Ini : Iniyh, Nc
Ketawa : wkwkwk, xixixi, haghaghag, w.k.k.k.k.k., wkowkowkwo (bacanya apa coba tolong jelaskan)
Nggak : Gga, Gax, Gag, Gz
Hai : Ui (Apa Ui? Universitas Indonesia?)
SMS : ZMZ, XMX, MZ (oh god...)
Lagi : Ghiy, Ghiey, Gi
Apa : Pa, PPa (PPa ???)
Tapi : PPi
Mengeluh : Hufft
Sih : Siech, Sieyh, Ciyh (nggak sekalian aja Syekh Puji)
Dong : Dumz, Dum (apa Dumolit?)
Reply : Repp (ini yang paling sering ditemukan di dunia maya)
Halo : Alow (menurut kalian, apakah kita teletubbies?)
Sayang : Saiank, Saiang
Lucu : Luthu, Uchul, Luchuw
Khusus : Khuzuz
Kalian : Klianz
Add : Et, Ett (biasanya minta di add friendsternya)
Banget : Bangedh, Beud, Beut (sekalian aja baut sama obeng)
Nya, contoh : misalnya, jadi misalna, misal'a, misal.a
Imut : Imoetz, Mutz
Loh : Loch, Lochkz, Lochx
Gitu : Gtw, Gitchu, Gituw
Salam : Lam
Kenal : Nal (buset irit karakter banget)
Buat : Wat, Wad
Cewek : Cwekz
Cowok : Cwokz
Karena/Soalnya : Coz, Cz
Masuk : Suk, Mzuk, Mzug, Mzugg
Punya : Pya, P'y
Pasti : Pzt
Anak : Nax, Anx, Naq (ko-naq?)
Cuekin : Cuxin
Curhat : Cvrht
Terus : Rus, Tyuz, Tyz
Tiap : Tyap
Kalau : Kaluw, Klw, Low (oh maann...)
Setiap : Styp
Main : Men
Paling : Plink, P'ling
Love : Luph, Luff, Loupz, Louphh
Makan : Mumz, Mamz
Yuk : Yuq, Yuqz, Yukz
Lupa : Lupz
Udah : Dagh
Kamu : Kamuh, Kamyu, Qmu, Kamuwh
Aku : Akyu, Akuwh, Akku, q.
Maaf : Mu'uv, Muupz, Muuv
Sorry : Cowwyy, Sowry
Siapa : Sppa, Cppa, Cpa, Spa
Kakak : Kakagg


Category Article

7 Responses to “ACHILLES-Blog”