Dampak Positif Budaya Ngeblog

Setelah googling membaca sebagian permasalahan bangsa Indonesia maka malam ini Achiles ingin share sedikit tentang sesuatu yang melintas dalam pikiran yaitu bagaimana budaya ngeblog dapat memberikan dampak positif bagi bangsa Indonesia. Rendahnya kualitas SDM bangsa Indonesia dibanding dengan SDM negara Asia atau negara lain didunia adalah disebabkan karena rendahnya budaya membaca dan menulis. Karena alasan itulah mengapa kompetensi masyarakat di Indonesia selalu kalah bersaing dengan masyarakat dunia. Sepinya perpustakaan di kampus dan sekolah, kurangnya bahan bacaan untuk anak didik, tidak adanya didikan untuk harus membaca pada sebuah keluarga dll membuat pendidikan di Indonesia seperti berjalan stagnan. Karena itulah budaya ngeblog dirasa bisa menjadi jembatan penghubung atas permasalahan ini.

Dengan kita belajar blog maka otomatis hal yang paling utama menjadi syarat adalah membaca dan menulis. Apalagi jika blog tersebut berisi informasi yang berguna bagi masyarakat, pasti sang pemilik blog akan menyediakan waktu sedikit untuk menggali informasi yang ingin ia tulis. Dengan sebuah kemampuan merangkum dan menggabungkan beberapa informasi dan ditambah dengan opini pribadi maka lahirlah sebuah tulisan baru yang kemudian dihadirkan dalam sebuah artikel didalam blog. Hal ini secara langsung atau tidak langsung akan membentuk sebuah budaya yang baik bagi masyarakat Indonesia karena budaya ngeblog tidak memberikan batas umur maksimal seseorang yang ingin belajar blog.

Dampak positif lain dari budaya ngeblog adalah masyarakat bisa lebih melek akan teknologi informasi. Dalam mengelola blog pasti mau tidak mau kita akan bersinggungan dengan komputer, internet dan segala hal yang berhubungan dengan blog. Karena itu sebagai negara yang masih jauh tertinggal dalam hal teknologi informasi, maka budaya blog secara tidak langsung membiasakan masyarakat Indonesia berkenalan dengan internet dan segudang dampak positif dari internet itu sendiri. Internet yang bagi sebagian orang masih dinilai sebagai hal negatif akan semakin terkikis dengan banyaknya blogger yang mampu menghadirkan kesan positif bagi masyarakat. Orang tua tidak perlu lagi kuatir akan kegiatan anaknya yang berjam-jam didepan komputer yang seringkali identik dengan pornografi dan penilaian negatif lainnya.

Dampak positif lain yang tidak kalah penting adalah kesempatan monetize yang dimiliki oleh dunia blog. Internet yang dahulu hanya identik dengan penghamburan uang dengan aktifitas yang tidak penting, akan seikit demi sedikit justru akan mendatangkan penghasilan tambahan atau penghasilan utama bagi bangsa Indonesia yang tentunya lewat program yang baik dan bukan program penipuan atau lewat arisan klik Google adsense. Hal ini tentu saja akan menaikkan pendapatan masyarakat Indonesia karena budaya ngeblognya. Lewat sebuah blog mahasiswa mempunyai kesempatan untuk dapat membayar uang kuliahnya sendiri, lewat sebuah blog seorang ibu mampu mempunyai penghasilan tambahan atau bisa juga lewat sebuah blog seorang suami dapat membiayai sekolah anaknya hingga keluar negeri.

Inilah dampak positif budaya ngeblog yang sempat Achiles pikirkan jika blog bisa benar-benar lebih di gemari dibanding menghabiskan waktu untuk chatting, masuk social networking ini dan itu atau browsing hal2 yang tidak penting. Budaya ngeblog akan membuat budaya membaca dan menulis semakin menjadi lebih baik karena budaya membaca adalah sebuah budaya yang masih sangat kurang di masyarakat Indonesia pada umumnya. Selamat ngeblog dan selamat menyambut Pesta Blogger 2009 serta sebarkan budaya ini untuk teman dan saudara kita yang lain.


Category Article