Private SEO Adalah Sebuah Kebohongan

Search Engine Optimation atau biasa dikenal dengan istilah SEO menjadi sebuah trand dikalangan para penggiat bisnis online. Secara garis besar SEO adalah usaha untuk menempatkan sebuah artikel website kita di halaman 1 google. Teknik ini biasanya digunakan oleh pemilik usaha baru yang ingin produk atau toko online nya di kenal oleh masyarakat. Dan jika sudah dikenal, maka diharapkan omset juga akan meningkat. Lalu apakah SEO merupakan hal yang rumit sehingga kini banyak sekali pakar SEO yang menawarkan paket jasa Private SEO kepada member baru yang ingin tahu mengenai hal ini. Private SEO yang mulai menjamur tersebut menawarkan bahkan memberikan garansi bahwa bisa meningkatkan popularitas dimata mesin pencarian google. Dan apa saja yang sekiranya diajarkan oleh para Pakar SEO itu dalam private nya ?
Dari beberapa website pakar SEO yang saya baca, kualitas pengajaran memang bersifat relatih. Ada yang ilmunya itu2 saja, bahkan sudah diulas oleh para internet marketer sejak beberapa tahun yang lalu, namun ada juga yang memberikan teori baru yang belum pernah diketahui sebelumnya. Apapun yang mereka ajarkan, memang hal ini menjadi sangat menarik karena tidak ada teknik SEO yang pernah diajarkan dibangku sekolah atau kuliah. Jadi bagi mereka yang berpendidikan sekalipun namun kurang memiliki waktu untuk belajar ototidak, hal ini menjadi sebuah target bagi mereka yang sudah terlebih dahulu tahu mengenai hal ini. Celakanya adalah ilmu yang seharusnya sudah tertulis dibanyak website yang khusus membahas mengenai tips blog dan monetize blog, kini dirangkum menjadi sebuah ebook tertentu dan dijual dengan harga yang bervariatif.

Lalu dimanakah letak kebohongan Private SEO ? Secara kasat mata, SEO memang bisa diusahakan. Dengan memberikan dukungan link, meningkatkan popularitas hingga yang bersifat manipulasi kata kunci. Bagi para mereka yang masih awam, akan sangat senang jika websitenya berada di urutan pertama dan bisa mengalahkan website lain di search engine Google. Namun apakah hasil pencarian tersebut bersifat mutlak dan hanya website itu saja yang akan berada di urutan pertama dalam jangka waktu yang lama ? Inilah yang mungkin tidak bisa dijawab oleh para pemilik jasa Private SEO. Yang mereka ajarkan setidaknya hanya mengusahakan url website sama dengan tujuan kata kunci yang sedang diusahakan. Misalnya adalah jika usahanya menjual jasa renovasi rumah, maka ia akan membeli domain ahlirenov.com atau domain lainnya yang terdapat kata renovasi rumah. Ini jelas bukan ilmu baru dan anda tidak perlu membayar untuk mengetahui hal ini. Silahkan anda ketik kata kunci "belajar SEO" (tanpa tanda petik), maka semua teori itu sudah ada sejak tahun 2006.

Kebohongan yang kedua dari jasa Private SEO adalah mengajarkan membernya untuk merebut persaingan kata kunci yang rendah atau biasanya mereka lakukan dengan menggunakan long tail (kata kunci yang panjang). Sebagai contoh adalah "baju batik bola yang unik dan lucu". Jika yang menjadi target ini, maka website manapun bisa menembus halaman 1 google. Tidak perlu teriak "ratakan", pasti kata kunci long tail ini gampang untuk direbut. Namun akan sangat berbeda jika seorang yang menyebut dirinya pakar SEO bisa mengusahakan untuk merebut kata kunci "baju batik". Saya jamin seorang master SEO kelas wahid pun akan sangat kesulitan untuk menjaga kata kunci itu dalam jangka waktu yang lama. Jadi berhati2lah dalam memakai menggunakan Private SEO.

Yang terbaik yang bisa kita lakukan untuk memahami SEO adalah mencoba dan terus mencoba. Sebuah pengalaman SEO seseorang, tidak bisa menjadi patokan untuk yang lain. Dengan cara yang sama, umur blog yang sama, teknik yang sama, hasilnya bisa berbeda. Hal ini menjadi sebuah bukti bahwa SEO adalah hak prerogatif dari google sebagai serach engine terpopuler di dunia. Private SEO yang dikemas dengan sebuah analisa adalah pengalaman dari orang itu sendiri. Kita sebenarnya juga mampu memiliki analisa sendiri. Jadi bergulah dengan google, maka ilmu itu bisa anda dapatkan secara gratis. Dengan begitu kita tidak lagi menjadi korban kebohongan para pakar SEO yang sebenarnya tidak memberikan manfaat apa2.


Category Article